STUDI BANDING DARI DINAS PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN KABUPATEN MUARO JAMBI

BERITA

STUDI BANDING DARI DINAS PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN KABUPATEN MUARO JAMBI

Padang, Kamis 04 Juli 2019 -

Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Sumatera Barat mendapat kunjungan dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Muaro Jambi. Kunjungan ini dimaksudkan Studi Komparasi dalam rangka mempelajari Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan tata kerja serta upaya peningkatan Pelayanan pada bidang Perumahan dan Permukiman pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Muaro Jambi.

 

Dinas Perkimtan Sumatera Barat diwakili oleh Sekretaris Dinas Bapak Usra Deni, ST. Kepala Bidang Perumahan Yolly Detra Asrar ST,MT, lalu Kasie Penyediaan Perumahan  Marwandi S.T, Kasie Pembiayaan Perumahan Ir. Ema Yulis serta Kasie Rehabilitas Perumahan Novia, ST. dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Muaro Jambi diwakili oleh Kabid Perumahan  A. Sargawi ST, Kasie Pengendali Perumahan Syafriagus Zulkarnain ST, Kasie Survey Erik Ahmad ST, Kasie Kepegawaian Sri Anggraini SH, dan Kasie Pengadaan Perumahan Syafri Agus.

 

Dalam diskusi bersama Tim Perkimtan Kabupaten Muaro Jambi, Menanyakan perihal tahapan Penyusunan RP3KP yang terdiri dari tahap persiapan, tahap penyusunan rencana, dan tahap legislasi. Sekretaris Dinas Bapak Usra Deni. ST, menjelaskan secara teknis Tahapan penyusunan rencana terdiri dari kegiatan pendataan, analisis, dan perumusan. Pada tahap ini, pelibatan masyarakat dalam proses penyusunan rencana dapat dilakukan melalui pengisian kuisioner dan wawancara serta kegiatan forum diskusi dan konsultasi publik. Kegiatan pendataan dilakukan untuk mengumpulkan data primer dan sekunder yang dibutuhkan dalam penyusunan RP3KP, yang rincian kebutuhan datanya terdapat dalam pedoman penyusunan RP3KP.

 

Selain membahas Dokumen RP3KP diskusi ini juga membahas tentang Penyusunan Dokumen Rencana Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan (RP2KPKP), juga tentang proses penyusunan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.

 

Kunjungan ini diakkhiri dengan pemberian cendera mata dari masing-masing Instansi.(Sekre)

 

04 Juli 2019 14:21:30 WIB
Elfitri Oktavia, ST 3,231